Animasi

Kamis, 02 April 2015

TUGAS

Mata kuliah     : Budaya dan Tata Nilai Manajerial Kependidikan
Dosen              : Drs. Syamsudin, M. Pd.
Sifat Ujian       : Takehome


Soal

1.   Kemukakan dua pendapat dari ahli tentang filsafat manejemen pendidikan Islam. Bandingkan dua pendapat tersebut, apa perbedaan dan apa persamaannya. Kemudian, kemukakan pendapat Saudara mengenai pendapat dua ahli tersebut! 
 Jawab 
  •  Pengertian Manajemen Pendidikan Islam Menurut Para Ahli
    Menurut Saefullah (2012 :1) manajemen pendidikan Islam adalah proses pemenfaatan sumberdaya yang dimiliki (umat Islam, lembaga pendidikan atau yang lainnya), baik perangkat keras ataupun prangkat lunak. Pemanfaatan tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan orang lain secara efektif, efisien dan produktif untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan baik didunia maupun di akherat.Menurut Sulistyorini (2009: 14) manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses penetaan/ penggelolaan lembaga pendidikan Islam yang ,melibatkan sumberdaya manusia muslim dan non manusia dalam menggerakan untuk maencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien.

  • Perbedaann dari dua para ahli tersebut adalah :
    Saefullah lebih menekankan proses pemanfaatan sumber daya yang dimiliki umat islam(sumber daya manusia). Sedangkan Sulistyorini menekankan pada proses pengelolaan lembaga pendidikan islam yang melibatkan sumber daya manusia
  • Persamaan dari dua pendapat para ahli tersebut adalah  :
    Dalam pendapat Saefullah dan sulistyorini memiliki persamaan tujuan yaitu untuk mencapai tujuan pendidikan islam secara efektif dan efisien.
  • Pendapat saya terhadap dua pendapat para ahli ini adalah :
    Dari pendapat kedua ahli tersebut sebenarnya memiliki makna yang sama, yaitu untuk mencapai tujuan pendidikan islam. Tujuan pendidikan islam  yaitu sasaran yang akan dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang yang melaksanakan pendidikan Islam. Kata manajemen dari pendapat kedua ahli tersebut adalah  memiliki arti mengelola atau mengatur. Jadi manajemen pendidikan islam adalah pengelolaan pendidikan islam dengan melibatkan sumber daya manusia. Kemudian sumber daya pendidikan Islam itu setidak-tidaknya menyangkut peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, kurikulum atau program pendidikan, sarana atau prasarana, biaya atau keuangan, informasi, proses belajar mengajar atau pelaksanaan pendidikan, lingkungan, output dan outcome serta hubungan kerja sama. Dalam pendapat kedua  para ahli suatu pekerjaan dikatakan efektif ialah kalau pekerjaan itu member hasil yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan semula, dengan kata lain kalau pekerjaan itu sudah mampu merealisasikan tujuan pendidikan Islam  dalam aspek yang dikejakaan dalam hal ini yang melaksanakan pekerjaan itu adalah manajer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar