Animasi

Senin, 27 April 2015

Rencana Pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran            : Aqidah
Kelas / Semester          : IV/1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami beriman kepada hari akhir
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mengenal iman kepada hari akhir
Alokasi Waktu            : 6’35 menit
A.    KOMPETENSI INTI
1.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
2.      Mengenal dan memahami iman kepada hari akhir dengan cara mengamati (mendengar, melihat dan membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, kegiatannya, dan yang dijumpainya di rumah atau sekolah.
B.     KOMPETENSI DASAR
1.1  Mengenal iman kepada hari akhir
C.    INDIKATOR
ü  Menyebutkan pengertian iman kepada hari akhir
ü  Membedakan pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra
ü  Menyebutkan nama-nama hari akhir
D.    TUJUAN
ü  Melalui kegiatan mengamati cerita yang telah di sampikan oleh guru dan mengamati gambar tentang hari akhir, siswa dapat mengetahui apa pengertian beriman kepada hari hari akhir, nama-nama dan dapat membedakan kiamat sugra dan kiamat kubra,
ü  Melalui penguasaan, siswa dapat menambil hikmah dan dapat mengamalkannya di kehidupan sehari-hari
E.     MATERI
Iman kepada  hari akhir atau hari kiamat adalah meyakini adanya kehidupan yang kekal abadi setelah hancurnya alam semesta ini dan manusia akan mendapat balasan yang seadil-adilnya tentang amal yang telah dilakukan sewaktu di dunia.Tentang kapan datangnya hari kiamat, tidak ada yang dapat mengetahuinya termasuk Nabi dan Rasul kecuali hanyalah Allah swt.   Hari akhir sama dengan hari kiamat. Dibagi menjadi dua macam, yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra..
Kiamat sugra dalah kiamat keci, matinya manusia hingga hari akhir seperti bencana alam yang memakan korban (gunung meletus, tanah longsor, tsunami, banjir, dan lainnya.

Sedangkan kiamat kubra adalah kiamat besar, dimana hari dihancurkannya seluruh isi bumi dan langit serta matinya semua mahluk dengan tanda-tanda munculnya Imam Mahdi dan nabi isa , keluarnya kaum ya’juj, dan ma’juj yang membuat kerusakan, dan binatang yang bisa berbicara seperti manusia, tidak ada yang baik waktu itu, munculnya dajjal dan lainnya.

Nama-nama lain dari hari akhir adalah :



a.    hari kiamat (yaumul qiamah)

b.    hari perhitungan (yaumul asir)

c.    hari pembalasan (yaumuddin)

d.   hari keluar dari kubur (yaumul khuruj)

e.    hari kemenangan (yaumul fath)

f.     hari yang pasti terjadi (yaumul haq)

g.    haripenyesalan (yaumulbasyar)

h.    harikeputusan (yaumulfasl)

i.      hari terlaksananya ancaman (yaumul wa’id)

j.      hari kekekalan (yaumulkhulud)

k.    hari ditampakkannya kesalahan (yaumut  thaghabun)

l.      hari berkumpul (yaumul jami’)

m.  hari panggil memanggil       ( yaumud tanada)

n.    hari yang besar (yaumulkabir)

o.    hari yang dijanjukan ( yaumul mau’ud)



F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : SEL (Social and Emotional Learning)
Model                   : cooperative learning
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah


G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1
Menyiapkan kegiatan harian kelas
Ø  Guru mengucapkan salam
Ø  Guru mengatur tempat duduk
Ø  Guru menugaskan ketua kelas untuk memimpin do’a
Ø  Menuliskan hari, tanggal di papan tulis
Ø  Absensi (guru melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa)
2
 Apresiasi
Ø  Guru mengaitkan materi yang akan  di pelajari dengan Pengetahuan awal siswa.
Ø  Mengulas pelajaran yang lalu yang telahdi pelajari
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan di pelajari
3
 Mengomunikasikan materi yang akan di pelajari
Dalam kegiatan mengkomunikasikan materi yang akan di pelajari, guru menyampaikan garis besar kegiatan pembelajaran hari ini meliputi :
Ø  Kegiatan mengamati gambar bagaimana beriman kepada hari akhir, membuat catatan singkat yang sudah di jelaskan oleh guru.
4
Mengkomunikasikan tujuan yang hendak dicapai
Dalam kegiatan mengkomunikasikan tujuan yang  henda dicapai, mengetahui pengertian hari akhir, membahas dan menyebutkan nama-nama hari akhir, dan membedakan pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra.
B. KegiatanInti
1
2
 Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang beriman kepada hari akhir
Guru menjelaskan  beriman kepada hari akhir bisa dengan menvisualkan contoh dari beriman kepada hari akhir  tersebut dengan menggunakan gambar.
3
Siswa dan guru Tanya jawab tentang gambar yang dibawa oleh guru.
4
 Melalui penguasaan siswa dapat mengetahui pengertian hari akhir, nama-nama hari akhir, dapat membedakan pengertian kiamat sugra dan kubra.
5
 Meminta siswa untuk duduk sesuai kelompok yang melalui petunjuk guru (setiap kelompok beranggotakan 3 siswa)
6
 Membagikan lembar kerja kelompok dan kemudian menjelaskan apa yang harus dilakukan siswa.
7
Melalui petunjuk dari guru masing-masing kelompok melakukan diskusi
8
 Masing-masing kelompok diberi tugas untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas (mengkomunikasikan)
C. KegiatanPenutup
1
 Kesimpulan
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran
2
 Umpanbalik
Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi yang belum dimengerti
3
 Evaluasi
Siswa mengerjakan soal evaluasi secara individu
4
 Refleksi
Ø  Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya berupa kesan untuk pelajaran hari ini.
Ø  Siswa diberipenguatan dan motivasi oleh guru atas kegiatan yang telah dilakukan dengan baik dan benar
5
 Follow-up
Ø  Disini guru dapat memberikan pekerjaan rumah sebagai penguat materi
6
 Salam dan do’a penutup.






H.    SUMBER DAN MEDIA
Media
§  Gambar.
Sumber
§  Majelis Disdasmen PWM DIY pendidikan islam untuk SD/MI kelas IV 2008
§  Buku HPT (buku pegangan guru)
I.       PENILAIAN
1.      Lisan
Guru dan siswa melakukan Tanya jawab tentang materi yang di ajarkan
2.      Pengamatan perilaku
Dalam berdiskusi  guru mengamati siswa dalam kelompok yang ikut berpartisipasi dalam berdiskusi dan  bekerjasama.
3.      Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan
siswa. Soal dapat berupa esai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar