RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran : Aqidah
Kelas
/ Semester : IV/1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami beriman kepada hari
akhir
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mengenal iman kepada hari
akhir
Alokasi
Waktu : 6’35 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Memiliki
perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
2.
Mengenal dan memahami iman kepada hari akhir dengan
cara mengamati (mendengar, melihat dan membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, kegiatannya, dan yang dijumpainya di rumah atau sekolah.
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengenal iman kepada hari akhir
C.
INDIKATOR
ü Menyebutkan pengertian iman kepada hari akhir
ü Membedakan pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra
D.
TUJUAN
ü Melalui kegiatan
mengamati cerita yang telah di sampikan oleh guru dan mengamati gambar tentang hari
akhir, siswa dapat mengetahui apa pengertian beriman kepada hari hari akhir, nama-nama
dan dapat membedakan kiamat sugra dan kiamat kubra,
ü Melalui penguasaan,
siswa dapat menambil hikmah dan dapat mengamalkannya di kehidupan sehari-hari
E.
MATERI
Iman kepada hari akhir atau hari kiamat adalah
meyakini adanya kehidupan yang kekal abadi setelah hancurnya alam semesta ini
dan manusia akan mendapat balasan yang seadil-adilnya tentang amal yang telah
dilakukan sewaktu di dunia.Tentang kapan datangnya hari kiamat, tidak ada yang
dapat mengetahuinya termasuk Nabi dan Rasul kecuali hanyalah Allah swt. Hari akhir sama dengan hari kiamat.
Dibagi menjadi dua macam, yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra..
Kiamat
sugra dalah kiamat keci, matinya manusia hingga hari akhir seperti bencana alam
yang memakan korban (gunung meletus, tanah longsor, tsunami, banjir, dan lainnya.
Sedangkan
kiamat kubra adalah kiamat besar, dimana hari dihancurkannya seluruh isi bumi dan
langit serta matinya semua mahluk dengan tanda-tanda munculnya Imam Mahdi dan nabi
isa , keluarnya kaum ya’juj, dan ma’juj yang membuat kerusakan, dan binatang
yang bisa berbicara seperti manusia, tidak ada yang baik waktu itu, munculnya dajjal
dan lainnya.
Nama-nama
lain dari hari akhir adalah :
a. hari
kiamat (yaumul qiamah)
b. hari
perhitungan (yaumul asir)
c. hari
pembalasan (yaumuddin)
d. hari keluar
dari kubur (yaumul khuruj)
e. hari kemenangan
(yaumul fath)
f. hari
yang pasti terjadi (yaumul haq)
g. haripenyesalan
(yaumulbasyar)
h. harikeputusan
(yaumulfasl)
i. hari terlaksananya
ancaman (yaumul wa’id)
j. hari kekekalan
(yaumulkhulud)
k. hari ditampakkannya
kesalahan (yaumut thaghabun)
l. hari berkumpul
(yaumul jami’)
m. hari panggil
memanggil ( yaumud tanada)
n. hari
yang besar (yaumulkabir)
o. hari
yang dijanjukan ( yaumul mau’ud)
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : SEL (Social and Emotional Learning)
Model : cooperative
learning
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
DiskusidanCeramah
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
A.
Kegiatan Awal
|
|
1
|
Menyiapkan
kegiatan harian kelas
Ø Guru mengucapkan salam
Ø Guru mengatur tempat duduk
Ø Guru menugaskan ketua kelas untuk memimpin do’a
Ø Menuliskan hari, tanggal di papan tulis
Ø Absensi (guru melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa)
|
2
|
Apresiasi
Ø Guru
mengaitkan materi yang akan di pelajari
dengan Pengetahuan awal siswa.
Ø Mengulas
pelajaran yang lalu yang telahdi pelajari
Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi
yang akan di pelajari
|
3
|
Mengomunikasikan
materi yang akan di pelajari
Dalam kegiatan mengkomunikasikan materi yang
akan di pelajari, guru menyampaikan garis besar kegiatan pembelajaran hari ini
meliputi :
Ø Kegiatan
mengamati gambar bagaimana beriman kepada hari akhir, membuat catatan singkat
yang sudah di jelaskan oleh guru.
|
4
|
Mengkomunikasikan
tujuan yang hendak dicapai
Dalam kegiatan mengkomunikasikan tujuan yang henda dicapai, mengetahui pengertian hari akhir,
membahas dan menyebutkan nama-nama hari akhir, dan membedakan pengertian kiamat
sugra dan kiamat kubra.
|
B.
KegiatanInti
|
|
1
2
|
Siswa mendengarkan
dan menyimak penjelasan guru tentang beriman kepada hari akhir
Guru
menjelaskan beriman kepada hari akhir bisa
dengan menvisualkan contoh dari beriman kepada hari akhir tersebut dengan menggunakan gambar.
|
3
|
Siswa dan guru Tanya jawab tentang
gambar yang dibawa oleh guru.
|
4
|
Melalui penguasaan siswa dapat mengetahui
pengertian hari akhir, nama-nama hari akhir, dapat membedakan pengertian kiamat
sugra dan kubra.
|
5
|
Meminta siswa untuk duduk sesuai
kelompok yang melalui petunjuk guru (setiap kelompok beranggotakan 3 siswa)
|
6
|
Membagikan lembar kerja kelompok
dan kemudian menjelaskan apa yang harus dilakukan siswa.
|
7
|
Melalui petunjuk dari guru
masing-masing kelompok melakukan diskusi
|
8
|
Masing-masing kelompok diberi
tugas untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas (mengkomunikasikan)
|
C.
KegiatanPenutup
|
|
1
|
Kesimpulan
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan kegiatan pembelajaran
|
2
|
Umpanbalik
Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan
materi yang belum dimengerti
|
3
|
Evaluasi
Siswa mengerjakan soal evaluasi secara
individu
|
4
|
Refleksi
Ø Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya berupa kesan
untuk pelajaran hari ini.
Ø Siswa diberipenguatan dan motivasi oleh guru atas kegiatan yang
telah dilakukan dengan baik dan benar
|
5
|
Follow-up
Ø Disini guru dapat memberikan pekerjaan rumah sebagai penguat materi
|
6
|
Salam
dan do’a penutup.
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
Media
§ Gambar.
Sumber
§ Majelis Disdasmen PWM DIY pendidikan islam untuk SD/MI kelas IV
2008
§ Buku HPT (buku pegangan guru)
I.
PENILAIAN
1.
Lisan
Guru
dan siswa melakukan Tanya jawab tentang materi yang di ajarkan
2.
Pengamatan
perilaku
Dalam
berdiskusi guru mengamati siswa dalam kelompok
yang ikut berpartisipasi dalam berdiskusi dan bekerjasama.
3.
Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar